Tips Gadai BPKB Motor agar Dihargai Tinggi di Pegadaian


Tips Gadai BPKB Motor agar Dihargai Tinggi di Pegadaian



Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berbagai terobosan yang dilakukan Pegadaian dari waktu ke waktu tergolong inovatif. Terbukti di tengah persaingan dunia perbankan yang semakin ketat, Pegadaian masih tetap menjadi pilihan utama dalam melayani masyarakat yang membutuhkan solusi dana cepat. Tak hanya tempat gadai BPKB motor atau mobil dengan proses cepat, namun Pegadaian juga menerima segala macam barang jaminan, seperti barang-barang elektronik, emas, dan benda-benda berharga lainnya.

Pertumbuhan ekonomi yag semakin pesat di Indonesia belakangan banyak melahirkan berbagai jenis produk jasa perbankan termasuk jasa pegadaian non-BUMN. Menyikapi kondisi ini Pegadaian tentu tak mau kalah dengan inovasi-inovasi baru tersebut. Terbukti kini terdapat berbagi bentuk layanan jasa dibawah naungan PT. Pegadaian sebagai wujud kepedulian dan profesionalitas mereka dalam melayani semua lapisan masyarakat.

Jasa Gadai BPKB Paling Aman dan Terpercaya

Gadai BPKB merupakan salah satu produk andalan Pegadaian diaantara sekian banyak produk jasa yang dimilikinya. Jasa gadai BPKB disini mencakup BPKB motor, mobil, atau jenis kendaraan lainnya. Pencairan dana yang lebih cepat serta pelayanan profesional memang cukup membantu kita yang menggunakan jasa tersebut, apalagi jika dikaitkan dengan kebutuhan dana mendadak.

Memasuki tahun 2016 gadai BPKB motor terlihat paling diminati masyarakat untuk mendapatkan pinjaman uang sebagai solusi kebutuhan dana mendesak. Meski begitu masih sering terjadi masalah terkait sistem gadai yang ada di Pegadaian. Salah satu contoh nilai nominal yang diberikan kadang tidak sebanding dengan harga motor yang kita jadikan jaminan.

Untuk mendapatkan kesempatan BPKB yang yang kita gadaikan dihargai tinggi, berikut tips-tips yang sebaiknya kita ikuti.

Siapkan Semua Dokumen Lengkap

Seperti ketika kita menggadaikan surat-surat penting atau barang di tempat lain, Pegadaian juga membutuhkan kelengkapan dokumen yang wajib kita penuhi, diantaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lain yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli
  4. Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli
  5. Motor (yang BPKB-nya kita gadaikan) untuk dicek
Memilih Jenis Jasa Gadai yang Tepat
Memilih jasa gadai yang tepat merupakan kunci utama agar gadai BPKB motor kita dihargai tinggi. Untuk kebutuhan umum direkomendasikan memilih Jasa Gadai Konvensional maupun Jasa Gadai Syariah. Keuntungannya bisa kita dapat dari suku bunga yang rendah dan dari nominal uang lebih besar yang kita dapatkan dari surat kendaraan kita. Keunggulan inilah yang dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dana mendadak.
Besaran bunga atas jasa gadai BPKB motor umumnya dibagi menjadi 4 golongan dan disesuaikan dengan nominal pinjaman.

-          Golongan A

Merupakan bagian terendah dari gadai konvensional dengan besaran dana pinjaman mulai dari RP. 50 ribu – Rp. 500 ribu. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 0,75% untuk masa pinjaman 15 hari.

-          Golongan B

Merupakan pinjaman dana jaminan BPKB dengan nominal besar yaitu Rp. 550 ribu – Rp. 5 juta. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 1,15% untuk masa pinjaman 15 hari.

-          Golongan C

Merupakan jenis gadai BPKB yang paling tepat bagi kita yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB dalam jumlah besar, yaitu mulai Rp. 5 juta – Rp. 20 juta. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 1,5% untuk masa pinjaman 15 hari.

-          Golongan D

Untuk golongan D, misalnya kita mengajukan pinjaman dana Rp. 30 juta keatas maka kita akan mendapatkan pencairan dana lebih dari Rp. 20 juta. Bunga yang harus kita bayarkan cukup rendah yaitu hanya 1% untuk masa pinjaman 15 hari.

Untuk mendapatkan kesempatan gadai BPKB dengan nilai tinggi, sebaiknya kendaraan dalam kondisi prima dan tidak sedang mengalami kerusakan. Kondisi fisik dan performa kendaraan sangat berpengaruh pada jumlah dana yang dipinjamkan.   

Artikel Terkait